Beberapa Binatang Langka Yang Ada Di Indonesia

gambar binatang langka di indonesia

Indonesia dengan luas negara kepulauan yang lebih dari 1.910.000 KM2 merupakan salah satu negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Indonesia dilintasi garis khatulistiwa dan juga diapit oleh dua benua yaitu benua Australia dan benua Asia serta dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Dengan luas negara yang begitu besar yang terdiri dari daratan dan lautan, Indonesia memiliki beberapa hewan langka yang menjadi satwa lindung di antaranya adalah.

1.      Komodo

Komodo merupakan satwa langka yang berasal dari pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Komodo merupakan spesies terbesar dari familia varanidae atau disebut juga biawak komodo (varanus komodoensis) dan juga merupakan jenis kadal terbesar yang ada di dunia. Di Indonesia, komodo merupakan salah satu hewan yang dilindungi karena termasuk hewan yang terancam punah. Tujuan didirikannya Taman Nasional Komodo di pulau Komodo NTT adalah untuk menjadikan tempat tersebut sebagai habitat komodo yang dilindungi pemerintah.

2.      Orangutan Sumatera dan Kalimantan

Indonesia memiliki orangutan terbesar yang ada di pulau Sumatera dan Kalimantan. Orangutan Sumatera dan Kalimantan ini merupakan dua spesies satwa yang berbeda. Walaupun terlihat mirip tapi kedua satwa ini memiliki perbedaan mulai dari nama ilmiah, warna bulu, bentuk wajah dan juga ukuran tubuhnya.

Orangutan Sumatera memiliki nama ilmiah Pongo Abelii sedangkan orangutan kalimantan disebut Pongo Pygmaeus. Orangutan Sumatera memiliki warna bulu yang lebih terang kecoklatan sampai orange, sedangkan orangutan Kalimantan warna bulunya lebih kecoklatan gelap. Ukuran dan bentuk muka orangutan Sumatera dan Kalimantan juga berbeda. Ukuran tubuh dan bentuk muka orangutan Sumatera lebih kecil dari orangutan Kalimantan dengan bentuk bantalan pipi yang terlihat lebih opal dan bentuk dagu terlihat lebih panjang. Sedangkan orangutan Kalimantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan memiliki bentuk bantalan pipi yang lebih lebar.

3.      Harimau Sumatera

Harimau Sumatera memiliki nama latin Panthera tigiris sumatrae, merupakan satwa langka yang hidup di pulau Sumatera dan termasuk senam subspesies harimau yang terancam punah menurut IUCN. Meski sudah di lindungi di taman nasional Sumatera, masih tetap saja terdapat orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang masih memburu harimau sumatera ini.

4.  Burung Jalak Bali

Burung Jalak Bali merupakan spesies burung kicauan yang berasal dari Bali. Satwa ini termasuk kedalam hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena penangkapan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan keuntungan pribadi yang mengakibatkan burung jalak bali ini hampir punah.

Burung Jalak Bali memiliki ciri warna bulu yang putih kecuali pada kaki dan bagian muka. Bentuk paruh burung jalak juga berbentuk runcing dengan panjang sekitar 2 sampai 5 cm.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*