jenis umbi-umbian

Jenis Umbi-Umbian

Tanaman umbi dalam pengertian umum didefinisikan sebagai tanaman yang dapat dimakan yang tumbuh di bawah tanah.

Bisa root. Bisa juga batang. Baik akar dan batang “membengkak” ketika mereka tumbuh. Lalu kami menyebutnya umbi. Wortel, kentang, singkong, bawang, adalah beberapa contohnya.

Namun tidak kalah dari “saudara” yang tumbuh di atas tanah, tanaman umbi juga memiliki segudang manfaat kesehatan.

Ini juga telah menjadi bagian dari budaya kuliner dan makanan pokok penghuni di berbagai belahan bumi.

Jenis Umbi-Umbian

Berikut adalah 10 tanaman umbi paling sehat, termasuk:

kentang

Kentang Setelah nasi dan gandum, kentang adalah sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok.

Memiliki lebih dari dua ribu varietas dan dibudidayakan di 160 negara, kentang juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Bit

Bit adalah jenis umbi yang memiliki kandungan nutrisi paling banyak. Dalam potongan umbi ungu gelap ini, unsur lengkapnya adalah karbohidrat, vitamin C, serat, folat, mineral, magnesium, kalium, natrium, dan zat besi.

Bit kaya akan senyawa nitrat yang berfungsi membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Bit dapat dikonsumsi dengan membuat jus, merebus, mengukus, membuat kue atau bahkan makan mentah.

Baca juga artikel resmi kami lainnya di: Jendralgaram.com

Ubi Jalar

Ubi Jalar diprediksi menjadi sumber karbohidrat bukan nasi. Alasannya, umbi ini sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan cemilan yang mengisi perut.

Pada zaman nenek kita, makan telo (bahasa Jawa disebut ubi jalar) di sore hari seperti ritual sehari-hari.

Karena mengisi, orang tidak tertarik makan nasi dengan kadar gula tinggi di malam hari. Tak heran orang dulu sehat. Jarang dipengaruhi oleh obesitas, diabetes atau kolesterol.

Selain itu, manfaat kesehatan lain dari ubi jalar kaya akan serat, vitamin A dan vitamin C, mineral, magnesium, dan sumber antioksidan yang tinggi.

Talas

Talas atau mbote adalah sejenis umbi yang tumbuh subur di tanah yang gembur dan udara sejuk. Umbi ini mengandung tepung yang membuat kenyang saat dikonsumsi.

Kandungan kalori tinggi dalam talas bisa menjadikannya sebagai makanan pokok pengganti nasi. Talas baik untuk kesehatan karena kaya akan vitamin A dan vitamin C.

Lobak

Awalnya tanaman lobak berasal dari daratan Cina. Mirip dengan wortel, sayuran akar ini memiliki berbagai warna. Tapi yang paling umum dijual di pasaran adalah yang putih.

Selain lobak putih, ada juga lobak merah.

Wortel

Ini tidak lengkap tanpa menempatkan wortel di tanaman umbi yang paling sehat.

Wortel kaya akan serat, vitamin A dan vitamin K, beta karoten, dan antioksidan. Makan wortel tidak hanya mengurangi kadar kolesterol pada manusia, tetapi juga hewan.

Bawang merah

Bawang merah adalah jenis umbi yang termasuk dalam kelompok sayuran. Fungsinya lebih untuk bumbu dapur atau bumbu masakan.

Bawang merah kaya akan serat, vitamin C, vitamin B6, kalsium, kromium, dan biotin. Senyawa belerang tinggi juga berfungsi sebagai antioksidan.

Bawang putih

Sama dengan bawang merah, bawang putih juga sering digunakan sebagai pelengkap bumbu.

Selain itu, bawang putih juga dikenal karena khasiat obatnya karena senyawa allicin yang dilepaskan ketika cengkeh dihancurkan, dikunyah atau dicincang.

Senyawa allicin ini adalah senyawa aktif yang secara efektif membunuh mikroba / kuman penyebab infeksi.

Jahe

Jahe tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, jahe memiliki senyawa spesifik yang disebut gingerol. Senyawa gingerol pedas dalam jahe memiliki kekuatan penyembuhan. Bahkan struktur kimia gingerol mirip dengan aspirin yang berfungsi meredakan demam dan peradangan.

Kunyit

Kunyit Kunyit / kunyit adalah jenis sayuran akar yang masih terkait dengan jahe dan kapulaga. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu utama dan pewarna alami dalam hidangan seperti kari atau sup.

_

Nah itu tadi pembahasan lengkap dari penulis tentang jenis umbi. Semoga apa yang disampaikan penulis ini dapat bermanfaat.

Itu saja dan terima kasih.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*